Survei Capres: Tuan Guru Bajang Lebih Disukai Dibanding Jenderal Andika Perkasa

  • Bagikan
Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Nama Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mencuat dalam survei calon presiden dilihat dari popularitas dan kesukaan masyarakat.

Indonesia Political Opinion (IPO) membeberkan dari Indonesia bagian Timur Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi cukup diperhitungkan.

Mantan Gubernur NTB dua periode ini menduduki posisi kesukaan hingga 97,5 persen, masuk posisi top lima.

Daftar lima besar itu antara lain Yusuf Hamka 98,3 persen, TGB Muhammad Zainul Majdi 97,5 persen, Andika Perkasa 97,3 persen, Hary Tanoesoedibjo 95,1 persen dan Dedi Mulyadi 94,0 persen.

“Meski disukai, tetapi mereka ini popularitasnya kecil sekali," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mempublikasikan hasil surveinya.

Survei tersebut dilaksanakan pada 23-28 Mei 2022 dengan teknik wawancara penelitian hybrid secara tatap muka sebanyak 480 responden dan sambungan telepon.

Data telepon merujuk data populasi sebanyak 196.420 yang dimiliki IPO sejak periode survei pada 2019 sampai dengan 2021.

Dari total populasi tersebut terdapat 7.200 yang memungkinkan untuk menjadi responden hingga terambil secara acak sejumlah 720 responden.

Tuan Guru Bajang ulama Indonesia Timur asal Nusa Tenggara Barat menjadi tokoh yang paling disukai,

Dengan demikian total keseluruhan sebanyak 1.200 responden.

Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2.90 persen, dengan tingkat akurasi data 95 persen.

Pengaturan pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS).

  • Bagikan