Justin Beiber Alami Ramsay Hunt Syndrome, Benarkah Karena Vaksin Covid-19?

  • Bagikan
Justin Bieber

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Justin Bieber secara mengejutkan mengumumkan kepada para penggemar melalui akun media sosial bahwa dirinya mengalami ramsay hunt syndrome.

Akibat virus yang bersarang di tubuhnya tersebut, Bieber harus menunda sementara gelaran tour konsernya yang mengusung tajuk Justice World Tour.

Bieber kini masih fokus beristirahat sementara waktu sampai kondisinya semakin membaik.

Ramsay hunt syndrome yang menyerang Justin Bieber kemungkinan sudah di taraf cukup parah.

Sebab dia mengaku tidak bisa tersenyum dan lubang hidungnya tidak bisa bergerak setelah virus ini menyerang saraf bagian telinga dan saraf wajahnya. Dia bahkan mengaku wajahnya mengalami kelumpuhan.

Sempat muncul selentingan kabar bahwa ramsay hunt syndrome yang diderita Justin Bieber diakibatkan oleh vaksin Covid-19.

Benarkah demikian ?

Terkait pertanyaan tersebut, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada data valid yang menghubungkan antara virus ini dengan vaksin Covid-19.

“Belum ada bukti. Yang jelas, sindrom ini sudah ada obatnya di Indonesia dan tersedia juga di apotek-apotek,” cuit Prof. Zubairi Djoerban di akun Twitter pribadinya.

Dia menyatakan, ramsay hunt syndrome biasanya menyerang orang dewasa dan jarang sekali terjadi pada anak anak.

Orang yang mengidap virus ini memiliki memiliki gejala seperti gendang telinga terasa sakit, mengalami gangguan pendengaran, kesulitan menutup salah satu mata, vertigo, bahkan menyebababkan kelumpuhan pada wajah.

  • Bagikan