Petisi Usulan Perubahan Nama JIS Jadi Stadion MH Thamrin, JJ Rizal: 5.000 Lebih Penandatangan

  • Bagikan
Jakarta International Stadium (JIS). (foto: Instagram @awaneko20)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sejarawan JJ Rizal menjelaskan keluarga MH Thamrin mendukung perubahan nama Jakarta International Stadium (JIS) diganti menjadi Stadion MH Thamrin. Petisi yang dibuatnya soal perubahan nama itu ditandatangani oleh 5.000 lebih warganet.

"Keluarga mendukung usulan memberi nama JIS #StadionMHThamrin. Apalagi caranya simpatik menarik dukungan publik dengan petisi online. Syukur 5.000 lebih penandatangan. Syukur Thamrin masih diingat dalam sepakbola Jakarta dan Indonesia jasanya," tulis JJ Rizal di Twitternya dikutip FAJAR.CO.ID, Senin (13/6/2022).

JJ Rizal juga mengajak kepada warganet untuk meneken petisi tersebut sebagai bagian mengingat dan menghargai jasa pahlawan. "ayo ikut--seperti kata Sukarno--menjadi bagian bangsa yg besar yaitu bangsa yang mengingat dan menghargai jasa pahlawannya, ayo teken petisinya," tambahnya.

Sebelumnya, sejarawan Betawi ini menilai upaya menamakan JIS menjadi Stadion MH Thamrin sudah mulai sejak 2019 lalu. “ini salahsatu bukti upaya menamakan @StadionMHThamrin untuk ganti JIS sdh mulai sejak februari 2019, bkn ujug2 setelah gedongnya jd mentereng, selain seminar dibuat jg acara pameran en pertandingan persahabatan dgn gubernur serta timnya di lapangan VIJ,” cuitan JJ Rizal di Twitternya yang dikutip FAJAR.CO.ID, Kamis (2/6/2022) lalu.

Dalam petisi itu, JJ Rizal menjelaskan, penamaan JIS dianggap melanggar UU no. 24/2009 karena menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu, nama ‘JIS’ sepertinya tidak dapat memacu semangat untuk memajukan persepakbolaan nasional karena tidak menggunakan nama tokoh sejarah yang inspiratif.

  • Bagikan