Sambut Tim Evaluator UNESCO Global Geoparks, Gubernur Andi Sudirman Paparkan Keunggulan Geopark Maros-Pangkep

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyambut kedatangan tim evaluator dari unesco Global Geoparks, Martina Paskova dan Jacob Walloe Hansen di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Selasa, 14 Juni 2022.

Mereka akan melakukan penilaian untuk Geopark Maros-Pangkep masuk dalam daftar Geopark dunia yang tergabung dalam unesco Global Geoparks.

"Kita menyambut dua asesor, dari Denmark dan Cekoslovakia mereka asesor dari unesco Global Geopark untuk melakukan penilaian terhadap geopark kita di Maros dan Pangkep," kata Andi Sudirman.

Bersama Bupati Maros, Chaidar Syam dan Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau dan para wakil bupati sebagai ketua Pokja masing-masing menyambut potensi unggulan yang dimiliki oleh Geopark yang terbentang di dua kabupaten ini sehingga dapat menjadi taman bumi berstandar dunia demikian juga dengan dukungan pemerintah.

Geopark Maros-Pangkep memiliki keistimewaan dengan landscape dengan tipe tower karst yang menjulang tinggi yang tersusun dari batuan gamping yang sangat khas. Menjadi salah satu karst kelas dunia dengan keindahan, keunikan flora dan fauna, nilai-nilai ilmiah dan sosial budaya dan salah satu kawasan karst terluas di dunia. Sebagai taman bumi dapat dikelola untuk kepentingan konservasi, edukasi, dan pembangunan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

Andi Sudirman meminta doa dan dukunganya masyarakat agar Geopark Maros-Pangkep berhasil masuk dalam daftar unesco Global Geoparks sehingga dapat menjadi ikon dan destinasi terbaik, bukan hanya di Sulsel tetapi di Indonesia.

  • Bagikan