Operasi Patuh di Jajaran Polda Papua, 2.784 Pengendara Dijaring

  • Bagikan
Salah satu pengendara mendapatkan surat tilang dari anggota Dit Lantas Polda Papua.Foto: Ridwan/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA - Polda Papua menggelar Operasi Patuh Cartenz 2022 sejak 13 Juni sampai 26 Juni mendatang. Hingga hari ketiga pelaksanaan Operasi Patuh Cartenz 2022, Kamis (16/6), polisi telah menjaring 2.784 pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan para pelanggar lalu lintas tersebut langsung mendapatkan sanksi tilang.

"Untuk Polda dan Polres jajaran sudah menilang 2.784 pengendara. Angka ini akan terus bertambah bila masyarakat tidak tertib berlalu lintas," ucap Kombes Akmal kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Kamis (16/6).
Dibandingkan tahun sebelumnya, kata Kamal angka pelanggaran lalu lintas mengalami kenaikan signifikan. Menurut dia, angka tersebut membuktikan bahwa kesadaran masyarakat masih sangat rendah.

"Hari ketiga tahun 2021 yang kena tilang hanya 267 pengendara, sementara tahun ini di hari ketiga angka pelanggaran sudah tembus 2.000 kasus," bebernya.

Mantan Wakapoles Depok ini menyebutkan pelanggar terbanyak dilakukan oleh pengendara roda dua. "Jenis pelanggaran lalu lintas yang ditemukan yakni tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, menggunakan HP saat berkendara, berkendara di bawah pengaruh alkohol, dan pengendara masih di bawah umur," bebernya.

Dia pun mengungkapkan tujuan dari operasi Patuh Cartenz 2022 adalah untuk mengajak masyarakat tertib berlalu lintas.

Kamal juga mengimbau kepada pengendara motor untuk menyiapkan kelengkapan berkendara seperti dari kendaraan, fisik, surat-suratnya, serta taati aturan-aturan yang ada selama berlalu lintas.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan