Zainut Tauhid Desak Proses Penyebar Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Begini Kalimatnya

  • Bagikan
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi. Foto: Mesya/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid mendesak polisi memproses oknum yang terlibat dalam penyebaran meme stupa Borobudur mirip Jokowi di media sosial.

Diketahui, mantan Menpora Roy Suryo sempat ikut menyebarkan meme stupa Borobudur mirip Jokowi pada 10 Juni 2022. Cuitan itu diduga menyindir wacana kenaikan tarif masuk Candi Borobudur.

"Terhadap postingan meme stupa Borobudur mirip Pak Jokowi, saya menyerahkan kepada pihak Kepolisian untuk mendalami masalah tersebut dan juga mengusut semua pihak yang terlibat untuk selanjutnya diproses hukum sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku,” ujar Zainut dalam keterangannya, Jumat, 17 Juni 2022.

Ia menegaskan agar seluruh pihak tak menjadikan simbol agama sebagai bahan mengolok atau guyonan. Sebab, ia menilai perbuatan tersebut berpotensi melukai perasaan umat beragama.

Lebih jauh ia mengatakan, alasan apapun tindakan itu adalah tidak etis dan tidak dibenarkan oleh agama dan peraturan perundang-undangan.

"Perbuatan tersebut dapat dikatagorikan sebagai perbuatan SARA," tegasnya.

Menurutnya, berkenaan kebebasan berpendapat baik dalam bentuk kritik maupun saran hendaknya dilakukan dengan cara yang santun, bijak, dan menghormati etika.

Selain itu, juga tidak dengan cara yang satkastik sekaligus melanggar norma susila, hukum dan agama lainnya.

Sebelumnya, Roy Suryo sempat ikut menyebarkan meme stupa Borobudur mirip Jokowi pada 10 Juni 2022. Cuitan itu diduga menyindir wacana kenaikan tarif masuk Candi Borobudur. Saat ini, unggahan tersebut telah dihapus.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan