Prediksi Rusia akan Meningkatkan Serangan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky: Kami Tengah Mempersiapkan Diri

  • Bagikan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

FAJAR.CO.ID, KIEV -- Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memprediksi serangan Rusia akan meningkat pekan ini. Hal tersebut setelah para pemimpin Uni Eropa (EU) mempertimbangkan apakah akan menerima negaranya sebagai anggota.

“Jelas, pekan ini kami harus mengantisipasi meningkatnya tindakan bermusuhan dari Rusia,” kata Zelensky dalam pidato lewat video, Minggu (19/6) malam. “Kami tengah mempersiapkan diri. Kami siap,” tegas Zelensky.

Ukraina mengajukan diri untuk bergabung dengan Uni Eropa, empat hari setelah tentara Rusia melintasi perbatasannya pada Februari lalu. Komisi Eropa, sebutan bagi dewan eksekutif Uni Eropa, pada Jumat (17/6) merekomendasikan agar Ukraina diberi status kandidat.

Para pemimpin dari 27 negara anggota Uni Eropa akan mempertimbangkan pengajuan Ukraina pada Kamis (23/6) dan Jumat (24/6). Mereka diperkirakan akan menyetujui usulan Ukraina meski mendapat tentangan dari sejumlah negara anggota.

Proses penerimaan anggota baru EU biasanya memakan waktu bertahun-tahun. Sikap EU terhadap Ukraina akan mengganggu tujuan Presiden Rusia Vladimir Putin. Saat memerintahkan pasukannya ke Ukraina, Putin menyatakan bahwa tindakan Rusia adalah untuk mencegah negara tetangganya itu masuk ke dalam cengkeraman Barat.

Hanya saja, Putin pada Jumat (17/6) mengatakan Moskow Rusia tidak menentang keanggotaan Ukraina di EU. Namun, juru bicara Kremlin mengatakan Rusia memantau secara cermat pengajuan Ukraina tersebut mengingat kerja sama pertahanan di kalangan anggota EU terus meningkat.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan