Perbandingan Antara Absensi Online dengan Absensi Konvensional

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID — Di era dengan teknologi yang semakin canggih, banyak sekali perusahaan yang kini beralih ke absensi online. Selain menghemat waktu dan pengeluaran, absensi online memberikan banyak kemudahan dan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan absensi konvensional. Untuk itu, perlu untuk dibahas apa saja yang membuat absensi online dapat menggantikan absensi konvensional.

Sejarah Adanya Mesin Absensi

Sebelum ditemukannya mesin absensi, proses pencatatan kehadiran karyawan dilakukan dengan mengumpulkan semua karyawan dalam satu ruangan dan dipanggil namanya satu persatu. Cara tersebut dinilai membuang banyak waktu dan tenaga sehingga terciptalah sebuah mesin absensi pertama.

Awal perkembangan mesin absensi terjadi pada tahun 1888 yang ditemukan oleh seseorang bernama Willard L. Bundy. Mesin tersebut dapat mencatat waktu kerja karyawan sesuai dari jam masuk dan jam keluar karyawan tersebut. Namun, perkembangan mesin itu kemudian diambil alih oleh adiknya yang bernama Harlow E. Bundy.

Sejak saat itu, mesin absensi terus berkembang hingga saat ini, mulai dari absensi analog, absensi dengan menggunakan PIN, lalu absensi dengan magnetic card, hingga dengan sidik jari. Semakin berkembangnya teknologi, kini sudah ada absensi online yang hanya menggunakan aplikasi tanpa harus mengeluarkan biaya untuk mesin, kertas, dan lain sebagainya.

Hadirnya Sistem Absensi Online yang Mempermudah Pekerjaan

Sebagian besar orang kini tak bisa bisa lepas dari internet, salah satu cara untuk dapat memaksimalkan internet dengan baik yaitu dengan adanya sistem absensi online yang diterapkan di perusahaan. Ditambah dengan proses penerapannya yang tak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk kertas maupun mesin absensi. Keuntungan demi keuntungan dapat diperoleh dengan diterapkannya sistem absensi online di dalam perusahaan.

  • Bagikan