Perbandingan Antara Absensi Online dengan Absensi Konvensional

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

Biasanya, karyawan yang tertib dalam administrasi dan absensi kerja juga akan tertib dalam hal yang lain. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya acuan karena bagaimana cara karyawan tersebut berkomunikasi dengan rekan, prestasi, serta kontribusi yang telah diberikan karyawan tersebut untuk perusahaan pun juga menjadi nilai lebih dalam pertimbangan promosi karyawan.

Perbandingan Absensi Online dengan Absensi Konvensional

Dengan semakin berkembangnya zaman, mesin absensi pun semakin berkembang dan mengalami revolusi. Namun, mesin absensi konvensional masih dipakai oleh beberapa perusahaan. Apa saja perbedaan antara absensi online yang kini menjadi inovasi terbaru mesin absensi dengan absensi konvensional yang sudah dipakai puluhan tahun lamanya? Mari simak perbandingannya.

  • Absensi Online Mengurangi Kontak Fisik dengan Mesin Absensi

Berbeda dengan absensi konvensional yang harus melakukan kontak fisik, baik dengan menggunakan sidik jari, kartu magnetik, PIN, maupun kartu pencatat jam, absensi online tidak memerlukan kontak fisik dengan mesin absensi karena bisa diakses langsung dari ponsel masing-masing karyawan.

Apalagi pada masa pandemi yang sebelumnya sedang marak, hal tersebut menjadi sebuah inovasi yang bagus untuk mengurangi kontak fisik. Selain itu, karyawan tidak perlu pergi ke satu posisi atau lantai untuk melakukan absensi sebelum akhirnya kembali ke posisinya untuk bekerja dengan menggunakan absensi online berbasis cloud yang mendukung geo-tagging tersebut.

  • Absensi Online Mendukung Remote Working

Apabila ada karyawan yang diharuskan untuk kerja dari rumah baik karena tuntutan pandemi maupun karena karyawan tersebut merupakan karyawan lepas yang bekerja untuk perusahaan, maka pencatatan kehadirannya lebih mudah dilakukan tanpa harus datang ke kantor terlebih dahulu.

  • Bagikan