Perbandingan Antara Absensi Online dengan Absensi Konvensional

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

Selain itu, untuk karyawan yang diharuskan melakukan perjalanan dinas ke luar kota selama beberapa hari pun tidak perlu khawatir maupun datang ke kantor utama untuk melakukan pencatatan kehadiran. Karena langsung bisa dilakukan lewat ponsel pribadi dengan jadwal yang sudah diatur sebelumnya dengan tim human resources.

  • Absensi Konvensional Cenderung Membuat Antrian

Dengan menggunakan absensi konvensional mulai dari PIN, kartu magnetik, hingga pendeteksi sidik jari, semua cenderung membuat antrian di depan mesin absensi. Antrian tersebut dapat mengurangi efektivitas dan efisiensi waktu bekerja serta dapat mengurangi keakuratan pencatatan kerja. 

Bayangkan, apabila karyawan sudah datang lima menit sebelum jam masuk kerja lalu harus mengantri dan sidik jarinya susah terdeteksi karena berkeringat atau tertekan, maka lebih satu detik saja dari jam masuk akan tercatat sebagai terlambat. Hal tersebut masih dapat diperbarui dari sistem Employee Self Service namun tetap membutuhkan banyak waktu untuk melakukan pengeditan dan membutuhkan approval dari atasan.

  • Tidak Perlu Perawatan Mesin Bagi Absensi Online

Perbandingan yang lain yaitu saat menggunakan aplikasi atau software absensi secara online, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perawatan mesin absensi maupun melakukan penggantian mesin saat mesin absensi tersebut mengalami kerusakan.

Karena hanya membutuhkan satu aplikasi atau software yang akan terinstal ke dalam masing-masing perangkat karyawan dan langsung terintegrasi dengan sistem di kantor, absensi secara online tidak memerlukan perangkat pendukung lainnya. Hal tersebut juga dapat menghemat pengeluaran bagi perusahaan serta membuat administrasi terkait tim human resources menjadi lebih rapi.

  • Bagikan