Seleksi PPPK 2022 Tanpa Tes bagi Guru Honorer, Indra Charismiadi: Saya Sudah Merinding Sendiri, Ini akan Menyuburkan Percaloan

  • Bagikan
Pengamat dan Praktisi Pendidkan 4.0 Indra Charismiadji-- jpnn

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K 2022 mendapat sorotan tajam dari Pengamat pendidikan abad, 21 Indra Charismiadi.

Indra Charismiadi menyoroti rencana pemerintah untuk meniadakan tes dalam seleksi P3K 2022 bagi guru honorer.

Menurut Indra Charismiadi seleksi P3K 2022 tanpa tes bagi guru honorer rawan calo sehingga bisa berakibat fatal.

Seleksi tanpa tes rentan terjadinya transaksional yang dimulai dari level bawah, yaitu operator.

Pengangkatan guru honorer menjadi P3K 2022 tanpa tes diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK Guru 2022 di Instansi Daerah.

Berdasarkan Permen PANRB tersebut, guru non-ASN atau guru honorer di sekolah negeri yang terdaftar di data pokok pendidikan (Dapodik) dengan masa kerja minimal 3 tahun tidak perlu lagi mengikuti tes.

“Seleksi PPPK 2022 belum dimulai, tetapi saya sudah merinding sendiri. Ini akan menyuburkan percaloan,” kata Indra, dikutip Pojoksatu.id dari JPNN.com, Rabu (22/6/2022).

Indra mengungkit seleksi P3K 2021 yang dinilainya buruk. Padahal, seleksi P3K 2021 dilakukan dengan tes kompetensi menggunakan sistem CAT UNBK.

Menurut Indra, menggunakan tes kompetensi berkali-kali saja masih kacau karena buruknya data yang dimiliki Kemendikbud Ristek.

Dapodik tidak di-update sehingga guru honor yang sudah berhenti, bahkan menjadi aparat desa pun bisa ikut tes PPPK dan lulus.

  • Bagikan