Jagokan Anies di Pilpres, Pengamat Ibaratkan NasDem Seperti Ojek

  • Bagikan
Anies Baswedan dan Surya Paloh (ist)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai Partai NasDem belum berhasil menelurkan kader politik terbaiknya untuk maju dalam kontes nasional.

Hal ini sekaligus membuktikan kedok partai yang hanya menjadi objek politik semata.

Partai tersebut hanya mengantarkan calon non partai atau mendukung kader partai lain untuk maju kontestasi elektoral.

“Misalnya saja Partai NasDem yang akan mengusung Anies Baswedan. Ada hipotesis yang menyatakan hal tersebut akan ikut memberi pengaruh terhadap elektabilitas Partai NasDem atau coattail effect,” ujar Pangi dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Alumnus Universitas Indonesia tersebut mengatakan hal itu membuktikan Partai NasDem gagal melakukan kaderisasi.

“NasDem tidak mampu menghasilkan calon yang berasal dari kader internal NasDem sendiri atau menggunakan tradisi meritokrasi,” tutur Pangi.

Dia mengibaratkan partai yang dipimpin Surya Paloh itu seperti ojek, di mana seorang tokoh (non-kader, red) berhasil maju dan diantarkan pada kursi orang nomor satu pada Pilpres atau Pilkada,” ungkapnya.

Menurut Pangi fenomena itu tentu ini tidak baik bagi partai itu sendiri. “Partai dalam konteks ini bisanya jadi penghantar saja karena hanya bisa mengusung tokoh eksternal maju di Pilpres atau Pilkada,” tutur Pangi.

Hal itu diperparah jika ada deal-deal tertentu dengan calon-calon yang diusung nantinya.

  • Bagikan