Kantor Perwakilan Konsulat Prancis di Makassar Diresmikan, Dihadiri Duta Besar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kantor Konsulat Prancis telah diresmikan di Jalan Maipah No.2, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (23/6/2022).

Peresmian ini dihadiri oleh Duta Besar Prancis di Jakarta Olivier Chambard, Konselor Kerjasama Direktur Nasional Institut Prancis Stephane Dovert, Gubernur Sulsel Andi Sudirman dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, sejumlah tokoh akademisi Unhas hingga para rombongan yang ada.

Konsul Jenderal Prancis, Prof. Ambo Tuwo mengatakan, kantor ini nantinya akan menjadi wadah untuk belajar utamanya bagi mahasiswa Sastra Prancis.

“Karena saya kadang geli mendengar mereka menggunakan bahasa Prancis lain-lain. Jadi biar disini ketemu untuk belajar,” katanya, saat ditemui di lokasi.

Untuk peluang kerjasama antara Prancis dengan Indonesia khususnya di Makassar, Sulawesi Selatan kata dia bisa di di bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata.

Khusus Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 Makassar yang akan diselenggarakan pada 7-11 September mendatang, Prof Ambo Tuwo memastikan akan berpartisipasi.

“Kita selalu berpartisipasi di F8, 2018 itu kami kirimkan empat artis dari Prancis. Kami selalu berpartisipasi pada pameran. Jadi F8, 2019-2018 kami berpartisipasi,” sebutnya.

Konselor dari Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia, Stephane Dovert menyebut khusus di bidang pendidikan nantinya akan dilakukan kerjasama dalam bentuk beasiswa.

“Rencananya kami akan sasar kampus-kampus,” ungkap Stephane Dovert.

  • Bagikan