Sah! Pewarta Foto Indonesia Bisa Gelar Uji Kompetensi Wartawan

  • Bagikan
Pengurus Pewarta Foto Indonesia bersama Dewan Pers usai disahkan sebagai lembaga uji kompetensi. (PFI untuk Jawa Pos)

Koordinator UKPFI Akbar Nugroho menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyusun modul uji hingga terselenggaranya UKPFI.

“Terima kasih kepada Dewan Pers atas support-nya, juga kepada Antara yang sudah banyak membantu, dan seluruh penyusun modul uji foto jurnalistik yang akhirnya bisa hadir ditengah-tengah kita semua. Dan yang pasti kepada pengurus PFI Pusat 2019-2022 yang sudah meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya dalam merumuskan UKPFI ini,” jelas Akbar.

Dalam pertemuan tersebut PFI Pusat juga turut menyampaikan isu-isu hangat seputar kesejahteraan wartawan dan masih maraknya kekerasan terhadap jurnalis. PFI menyampaikan kepada Dewan Pers untuk membuat surat edaran terkait masih banyaknya perusahaan pers yang belum memenuhi hak-hak wartawan.

Selain itu, PFI juga mengungkapan jika hoax bisa merusak tatanan ekosistem pers Indonesia dan wajib untuk diantisipasi dan dibasmi dengan maksimal.

Menutup kegiatan tersebut, pengurus PFI Pusat menyerahkan buku Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2022 yang baru saja diselenggarakan di Medan beberapa pekan lalu kepada Ketua Dewan Pers. Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat menyampaikan terima kasih kepada Dewan Pers, Lembaga Pendidikan Antara, Tim Perumus modul uji UKPFI, senior-senior foto jurnalistik, dan seluruh PFI Kota yang sudah mendukung uji kompetensi ini. Semoga kedepan UKPFI dapat rutin diselenggarakan dan diikuti banyak pewarta foto.(jpc/fajar)

  • Bagikan