Uni Eropa Terima Ukraina Calon Anggota, Presiden Volodymyr Zelensky Sebut Kemenangan

  • Bagikan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

FAJAR.CO.ID, KIEV -- Presiden Volodymyr Zelensky menyebut langkah Uni Eropa (EU) untuk menerima Ukraina sebagai calon anggota merupakan kemenangan. “Ini adalah kemenangan,” kata Zelensky sambil tersenyum dalam video singkat yang diunggah ke akun Instagram-nya, Kamis (23/6).

Ia menegaskan bahwa Ukraina telah menunggu 30 tahun untuk momen tersebut. Zelensky berjanji untuk tidak berhenti berusaha sampai Rusia kalah dan Ukraina menjadi anggota penuh di EU.

“Kita bisa mengalahkan musuh, membangun kembali Ukraina, bergabung dengan EU, dan kemudian kita bisa beristirahat,” kata Zelensky dengan suara rendah.

“Atau mungkin kita tidak akan beristirahat sama sekali, anak-anak kita akan kecewa. Tetapi tanpa keraguan, kita akan menang,” tutur Zelensky.

Para pemimpin EU secara resmi menerima Ukraina sebagai kandidat untuk bergabung dengan blok ekonomi dan politik Eropa beranggotakan 27 negara tersebut. Keputusan itu merupakan langkah geopolitik berani yang dipuji oleh Ukraina dan EU sendiri sebagai momen bersejarah.

Andriy Yermak, kepala staf Zelensky, mengatakan Kiev akan segera mengimplementasikan rencana yang diperlukan untuk memulai pembicaraan penambahan anggota EU.

“Ukraina akan masuk ke EU,” cuitnya melalui Twitter. (jpg/fajar)

  • Bagikan