Guntur Romli Sebut Alquran Tidak Mengharamkan Nikah Beda Agama, Ini Ayatnya

  • Bagikan
Guntur Romli -- @GunRomli-Instagram

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pro kontra seputar nikah beda agama seolah tak ada ujungnya. Fenomena sosial ini kembali menyita perhatian khalayak ramai setelah Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mengabulkan pernikahan beda agama Islam dan Kristen.

Putusan pn surabaya ini didasarkan antara lain pada Pasal 35 dan 36 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan yang menyatakan bahwa pencatatan perkawinan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34 berlaku pula bagi: (a) perkawinan yang ditetapkan oleh Pengadilan; dan (b) perkawinan warga negara asing yang dilakukan di Indonesia atas permintaan warga negara asing yang bersangkutan.

Selanjutnya Pasal 36 menjelaskan, dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan Akta Perkawinan, pencatatan perkawinan dilakukan setelah adanya penetapan pengadilan

Putusan tersebut menjadi kontroversi hingga telah menciptakan keresahan di sebagian kalangan, khususnya umat Islam.

Pegiat media sosial yang juga politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Mohammad guntur romli punya pendapat berbeda.

Menurutnya bagi seorang muslim menikah dengan perempuan ahlul kitab yang beda agama khususnya perempuan Yahudi dan Kristiani dihalalkan oleh Al quran.

Ditegaskan, nikah beda agama dalam konteks ini harusnya diperbolehkan dan disahkan.

“Saya lihat pihak yang mengharamkan keliru mengutip ayat Al quran,” ungkap guntur romli dikutip dari kanal YouTube Cokro TV bertajuk nikah beda agama HALAL DALAM AL-QURAN, INI AYATNYA!, Sabtu (25/6/2022).

  • Bagikan