Kemendagri Berikan Izin Cuti Gubernur Sulsel

  • Bagikan
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan telah memberikan izin cuti ibadah haji kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Benni Irwan, menjelaskan, setelah melakukan pengechekan diketahui sudah ada permohonan izin tersebut. "Sudah ada surat permohonan izin ke Tanah Suci dari Pemprov Sulsel,"jelasnya dikonfirmasi Jumat, (24/6/2022).

Menurut Benni, tujuan menyurat ke Kemendagri itu untuk mendapatkan izin alasan penting, dalam hal ini melaksanakan ibadah haji.

Sedangkan kepala daerah menunjuk sekretaris daerah, itu diatur di dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Pasal 65 ayat 6 dinyatakan bahwa apabila Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah berhalangan sementara, Sekretaris Daerah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah," rincinya.

Benni menambahkan, melaksanakan ibadah haji termasuk dalam kategori berhalangan sementara. Jadi berdasarkan Undang-undang, bebernya, sekretaris daerah secara otomatis melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah.

Soal penunjukan sekretaris daerah menjadi Plh, Kapuspen Kemendagri ini menegaskan, tidak ada penunjukkan dari Kemendagri, karena Undang-undang sudah mengaturnya demikian, yakni melaksanakan tugas sehari-hari kepala Daerah.

Sekadar diketahui, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dipastikan akan meninggalkan se-
mentara pucuk kepemimpinan Sulsel mulai 29 Juni mendatang.

Orang nomor satu di Sulsel itu akan menjalankan ibadah haji. Per tanggal 29 Juni, Sekprov Sulsel, Abd Hayat Gani akan menjabat sebagai Plh atau Pelaksana harian Gubernur Sulsel. (eds)

  • Bagikan