10 Kata yang Tidak Diucapkan Orang Terpelajar dan Berkelas

  • Bagikan
Ilustrasi. Hindari ego berlebihan yang membuat Anda kelihatan tidak berkelas

FAJAR.CO.ID -- Kata yang keluar dari mulut dapat ditafsirkan dalam 4 hal yakni, positif, negatif, netral atau tidak jelas. Orang yang cerdas dan dewasa akan selalu menjaga ucapannya agar tak menuai respons aneh dan negatif.

Ucapan kadang dapat melukai hati, bahkan martabat orang lain. Makna dari kata yang terucap dari mulut tak jarang membawa pengaruh yang luar biasa untuk membuat penuturnya terlihat buruk, meski kata yang diucapkan benar adanya.

Kata yang sudah telanjur terucap, tak dapat ditarik kembali. Your words can tell them all about you really are.

Ada peribahasa yang mengatakan "Kata-kata bisa lebih menyakitkan daripada sebilah pedang". Maka orang cerdas akan selalu berpikir dahulu kemudian berbicara. Bukan sebaliknya, berbicara dahulu kemudian berpikir.

Mengapa bisa seperti itu? Karena kata-kata lahir dari proses berpikir. Kata-kata melahirkan tindakan dan tindakan melahirkan kebiasaan. Nah, dari kebiasaan-kebiasan itu yang menentukan karakter. Sementara baik maupun buruknya nasib juga ditentukan oleh karakter.

Kata-kata atau bahasa bisa menentukan perspektif cara berpikir. Orang yang bisa mengendalikan lisan atau bahasa pada saat atau waktu yang tepat, maka akan disukai dan dihargai oleh banyak orang.

Ketika menjadi pemimpin yang cerdas dan terpelajar dengan senantiasa memilih kata yang tepat, maka dia akan menjadi pemimpin yang disukai dan dikagumi tanpa harus ditakuti.

Kualitas seseorang atau pemimpin sangat ditentukan dari cara bertutur dan memilih kata atau diksi yang tepat dalam berbahasa.

Berikut kata-kata yang tidak akan digunakan oleh orang-orang cerdas dalam bersosialisasi dengan lingkungannya:

  1. "Ini Bukan Salah Saya"

Ketika kita menghadapi masalah, khususnya dalam sebuah tim, sikap menyalahkan orang lain paling sering terjadi dan paling mudah dilakukan. Akan tetapi, orang cerdas dan terpelajar tidak akan menggunakan kata "Ini Bukan Salah Saya".

  • Bagikan