Duet Anies Baswedan-Ganjar Pranowo, Pengamat Sebut Empat Partai Ini Berpotensi Jadi Pengusung

  • Bagikan
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Foto: Ilustrasi Sultan Amanda/ JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - pengamat politik Hendri Satrio atau Hensat menilai ada beberapa partai yang bisa mengusung pasangan Anies-Ganjar pada Pilpres 2024.

Adapun partai politik tersebut yakni PDIP, NasDem, Demokrat, dan PKS.
Menurutnya, pemenang Pilpres 2024 akan diketahui dengan mudah apabila duet Anies Baswedan - Ganjar Pranowo bisa terealisasi.

"Kalau Anies-Ganjar, selesai dong. Bagus," kata pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) dilansir dari JPNN.com, Minggu (26/6).

Hensat menyebut koalisi PDIP, NasDem, Demokrat, dan PKS masih bisa terjadi, karena ketum parpol berlambang banteng itu, Megawati Soekarnoputri belum bersikap soal Pilpres 2024.

"Cuma masih ada ketum PDIP. Terserah ketum PDIP, kan," ujar dia.

Saat disinggung kemungkinan pengusungan duet Anies-Ganjar tanpa melibatkan PDIP, Hensat merasa hal itu sulit terwujud. Sebab, Ganjar merupakan kader PDIP.

Hensat menilai gubernur Jawa Tengah itu sulit berkontestasi pada Pilpres 2024 tanpa partai berkelir merah itu.

"Berat. Kalau Ganjar mesti ada PDIP-nya," ucap Hendri Satrio.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengakui turut memberikan usulan nama calon presiden dan calon wakil presiden kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usulan itu diberikan sebagai salah satu upaya menghindari polarisasi pada Pemilu 2024. Salah satu usulan nama capres-cawapres yang dipercaya bisa menghindari polarisasi politik masyarakat ialah Anies - Puan atau Anies - Ganjar.

"Itu, saya akui iya," ujar Paloh di NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (23/6) lalu. (jpnn/fajar)

  • Bagikan