Jokowi ke Luar Negeri, Ma’ruf Amin Pimpin Jalannya Roda Pemerintahan

  • Bagikan
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin.

FAJAR.CO.ID -- Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan memimpin jalannya pemerintahan selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Eropa. Presiden Jokowi diketahui, bertolak ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman dan akan berkunjung ke Ukraina, serta Rusia.

“Selama saya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh bapak wakil presiden,” kata Jokowi dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (26/6/2022).

Jokowi sebelumnya mengungkapkan, dirinya dalam rangka menghadiri KTT G7 di Jerman akan membawa misi perdamaian antara Rusia-Ukraina. Terlebih, Indonesia merupakan Ketua Presidensi G20.

“Di sini kita akan mendorong mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama upayakan perdamaian di Ukraina,” ujar Jokowi.

Jokowi mengutarakan, ia juga akan mendorong negara-negara di dunia mencari solusi krisis pangan, krisis energi yang saat ini tengah melanda dunia. Sikap ini akan terus dilakukan pemerintah Indonesia, meski bukan suatu hal yang mudah.

“Setelah dari Jerman saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky misinya adalah mengajak Presiden Ukraina Zelinsky untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” ucap Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, akan berkunjung ke Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin. Menurut Jokowi, Indonesia akan meminta Pemerintah Rusia untuk melakukan gencatan senjata.

  • Bagikan