Mabes Polri Kerahkan Lima Kompi Brimob Nusantara ke Papua, Ini Misinya

  • Bagikan
Karo Ops Polda Papua Kombes Wijatmika (ANTARA/Evarukdijati)

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) mengerahkan lima kompi Brimob Nusantara ke Papua.

Pengerahan Brimob Nusantara itu dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang pengesahan RUU Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

Rencananya, pengesahan RUU DOB untuk pemekaran Papua dijadwalkan pada 30 Juni mendatang. Lima kompi Brimob Nusantara yang dikirim ke Papua berasal dari Mabes Polri, Polda Sumut, dan Polda Riau.

Karo Ops Polda Papua Kombes Wijatmika menyebut para personel Brimob itu sudah ditempatkan di sejumlah lokasi, yakni Wamena, Nabire, dan Jayapura.

Diakuinya keberadaan Brimob Nusantara di bawah kendali operasi (BKO) Polda Papua untuk mengantisipasi peningkatan gangguan kamtibmas menjelang dan setelah penetapan RUU DOB.

Polda Papua juga menyiagakan personel Brimob yang ada di daerah itu selama sebulan. "Mudah-mudahan tidak ada peningkatan eskalasi keamanan yang berarti," ucap Kombes Wijatmika.

Diketahui, RUU DOB mengatur tentang pembentukan Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan, dan Pegunungan Tengah Papua. (ant/jpnn/fajar)

  • Bagikan