Politik Identitas di Pilpres 2024, M Qodari: Saya Nggak Percaya dengan Elite Politik

  • Bagikan
Pengamat Politik Indo Barometer M Qodari menjadi pembicara pada diskusi bertema Perang Politik E-KTP, Jakarta, Sabtu (18/3). Foto : Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengingatkan akan adanya potensi Politik Identitas dan polarisasi ekstrem pada tahun 2024. Dia memprediksi hal tersebut akan semakin menguat tajam.

“Saya sampaikan warning nih ya dengan konstelasi yang ada sekarang ini maka kita harus siap-siap dengan kemungkinan polarisasi ekstrem lagi 2024 yang akan datang, dengan berat hati harus disampaikan ya mumpung belum terjadi,” kata Qodari kepada wartawan, Minggu (26/6).

Menurut Qodari, masih ada waktu untuk mencegahnya sebelum konflik horizontal pecah di tengah masyarakat akibat Politik Identitas dan polarisasi. Dia tidak percaya ketika ada elite politik yang mengatakan sudah tidak lagi yang menggunakan Politik Identitas dalam pertarungan politik.

“Saya nggak percaya dengan elite politik yang mengatakan ‘Kami sudah kapok dengan polarisasi. Kami sudah menolak politik identitas’. Sekarang ngomong begitu saat bertarung sebaliknya,” tegas Qodari.

Pakar politik ini menyatakan, harus ada upaya untuk mencegah terjadinya politik identitas, maupun polarisasi yang terjadi pada Pemilu 2024 mendatang. “Jadi, menurut saya kita sudah tahu apa yang terjadi di 2024 dan kita harus berbuat sesuatu untuk mencegah itu terjadi karena inilah hidup kita,” pungkas Qodari. (jpg/fajar)

  • Bagikan