6 Jenis Makanan Ini Ampuh Cegah Kulit Keriput dan Bikin Auto Glowing

  • Bagikan
Makanan sehat untuk kulit

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Menggunakan berbagai macam skincare mungkin menjadi pilihan masa kini untuk mendapatkan kulit mulus dan bercahaya.

Sayangnya kebanyakan orang seringkali lupa kulit yang glowing juga harus dibarengi dengan perawatan dari dalam tubuh, yakni dengan mengonsumsi makanan sehat dan baik untuk nutrisi kulit.

Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang baik untuk menutrisi kulit dari dalam, yang mudah ditemukan untuk konsumsi sehari-hari.

Ikan

Ikan seperti ikan salmon, ikan lele, dan ikan kembung adalah diketahui sangat baik untuk kecantikan kulit. Ikan-ikan ini mengandung asam lemak omega 3, yang esensial untuk menjaga kesehatan kulit.

Omega 3 diketahui sangat penting dalam menjaga kulit tetap kencang, kenyal, dan lembab. Vitamin E yang terdapat didalamnya dapat mengatasi dampak sinar UV pada kulit.

Ayam

Sama seperti ikan, ayam mengandung banyak asam amino yang merangsang pembentukan kolagen kulit. Jaringan ikat yang banyak terdapat pada unggas dapat menjadi sumber kolagen bagi kulit.

Bahkan, leher dan tulang ayam diketahui merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung kolagen buat kecantikan.

Teh hijau

Sama seperti makanan tinggi antioksidan lainnya, teh hijau atau green tea dapat melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV matahari. Selain itu teh hijau juga dapat mengunci kelembapan, memperbaiki tekstur kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Buah Alpukat

Makanan untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah alpukat. Buah alpukat sangat tinggi akan lemak sehat, yang membantu menjaga keelastisan kulit dengan menjaga kelembapannya.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E dan B, yang kaya akan antioksidan yang menjaga kulit dari paparan radikal bebas sekaligus merangsang produksi kolagen kulit.

Brokoli

Makanan untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah brokoli. Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit, termasuk zinc, vitamin A, dan vitamin C.

Tak hanya itu, brokoli juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja mirip seperti beta karoten. Lutein membantu melindungi kulitmu dari kerusakan oksidatif yang memicu kulit kering dan keriput.

Tomat

Sumber vitamin C yang jarang diketahui, tomat bisa menjadi pilihan makanan untuk kecantikan kulitmu. Satu tomat ukuran sedang dapat mengandung hampir 30 persen nutrisi penting yang berguna untuk pembentukan kolagen.

Selain itu, tomat juga mengandung likopen, antioksidan untuk kulit dalam jumlah yang besar. Mengkombinasikan tomat dengan makanan berlemak yang sehat seperti keju atau olive oil untuk penyerapan nutrisi yang lebih maksimal. (mg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan