Apa itu SEO? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- SEO (Search Engine Optimization) belakangan ini menjadi topik hangat yang ramai dibahas di kalangan praktisi digital marketing. Pasalnya, selain bisa meningkatkan ranking website di mesin pencari SEO juga bisa digunakan sebagai ujung tombak pemasaran untuk menarik calon pelanggan potensial.

Lantas, apa itu SEO?

Bagi kamu yang belum tahu, SEO adalah sebuah metode atau skema yang digunakan untuk mengoptimalkan website agar berada di halaman pertama hasil pencarian. Optimasi SEO bisa dilakukan secara on-page dengan memperhatikan aset seperti dukungan  hosting murah satu tahun hingga penulisan konten, serta off-page yang terdiri dari backlink.

Penerapan SEO yang tepat tidak hanya akan membantu proses branding perusahaan di ranah digital, namun juga berpeluang besar untuk mendatangkan leads yang bisa dikonversi menjadi penjualan.

Penasaran dengan SEO dan berbagai manfaatnya untuk bisnis? Yuk langsung saja kita bahas berbagai manfaatnya.

Manfaat SEO (Search Engine Optimization) untuk Bisnis

Dalam ekosistem digital marketing, SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu bagian kecil untuk meningkatkan visibilitas website agar lebih mudah ditemukan via search engine. Berikut merupakan manfaat lain dari SEO yang perlu diketahui.

1.Mempermudah Calon Pelanggan Menemukan Website Perusahaan

Manfaat SEO yang pertama yakni bisa membantu menaikkan ranking website bisnis sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Sebagai pebisnis, pasti kamu sadar betul akan ketatnya persaingan yang ada, sehingga jika ada peluang sekecil apapun untuk unggul dari kompetitor maka hal tersebut harus dilakukan.

Teknik Search Engine Optimization memungkinkan untuk membuat situs usaha bisa berada di posisi teratas halaman Google. Penempatan posisi tersebut jelas memberikan efek yang sangat signifikan bagi konsumen, karena berdasarkan statistik orang-orang hanya akan melihat website di posisi pertama sampai ketiga.

Ibaratnya kamu sedang memasak mie instan, tentu kamu akan mengambil mie yang ada di urutan paling atas, bukan?

2.Untuk Membangun Brand Awareness Secara Organik

Brand awareness saat ini menjadi salah satu kunci sukses yang harus dikelola jika perusahaan ingin tetap dipikirkan oleh calon pembeli. Pasalnya, orang-orang cenderung memiliki kebiasaan untuk membeli produk atau jasa dari brand yang sebelumnya sudah mereka kenal dan banyak digunakan.

Sebagai raksasa mesin pencari, Google tentu menjadi situs yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Karena menilik dari laporan ReviewTrackers, setidaknya ada 63% calon konsumen yang melakukan pencarian review produk melalui Google sebelum melakukan pembelian.

Baca juga : Email hosting Indonesia

Angka tersebut tentu sangat signifikan dan tidak bisa dianggap remeh bagi para pelaku usaha. Karena dengan adanya review negatif atau bahkan tidak ada hasil ulasan dari pengguna, hal ini akan menimbulkan kekosongan brand yang bisa menciptakan asumsi negatif bagi produk.

Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan SEO sebagai salah satu ujung tombak untuk meningkatkan branding perusahaan. Caranya bisa dengan memperbanyak konten positif, review yang informatif, hingga menggandeng blogger untuk bekerja sama dalam bentuk content placement.

3.Bisa Mendapatkan Target Audiens yang Pas

Manfaat lainnya dari SEO (Search Engine Optimization) adalah mampu digunakan untuk membidik audiens yang tepat. Cara ini bisa kamu lakukan untuk menghemat budget pemasaran, membangun brand awareness, atau untuk meningkatkan jangkauan pasar yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Caranya, kamu hanya perlu menyiapkan kata kunci atau keyword yang berhubungan dengan produk yang ingin dipasarkan. Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan optimasi kata kunci agar berada di posisi pertama hasil pencarian menggunakan konten yang informatif, penambahan backlink, hingga optimasi kecepatan loading.

4.Mendongkrak Penjualan

Seperti halnya teknik pemasaran digital pada umumnya, SEO juga bermanfaat untuk mendongkrak angka penjualan atau konversi yang dibutuhkan. Sebagaimana kita ketahui, SEO merupakan sebuah metode untuk mendatangkan traffic secara organik dari calon konsumen yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di search engine.

Sebagai contoh, jika saat ini kamu merupakan pebisnis sepatu kulit lokal, maka sebaiknya kamu juga melakukan optimasi untuk kata kunci beli sepatu kulit, harga sepatu kulit murah, atau toko sepatu kulit terpercaya.

Dengan berbekal kata kunci atau keyword di atas, peluang bisnis kamu untuk ditemukan oleh konsumen potensial tentu semakin besar.

5.Sebagai Investasi dan Aset Perusahaan Jangka Panjang

Manfaat terakhir dari SEO (Search Engine Optimization) yakni bisa menjadi salah satu aset investasi jangka panjang bagi perusahaan. Kenapa bisa begitu? Pasalnya, SEO yang dikerjakan dengan baik dan benar akan memberikan dampak positif secara jangka panjang untuk website usaha.

Berbeda dari Paid Traffic yang diperoleh melalui iklan, SEO bekerja untuk mendatangkan traffic kunjungan secara organik dari mesin pencari, Alhasil, jika website kamu sudah dioptimasi dan mencapai jumlah traffic tertentu, maka jumlah kunjungan tidak akan habis meskipun campaign SEO dihentikan.

Kendati demikian, SEO bukanlah suatu hal yang hanya perlu dilakukan di awal membangun website. SEO juga perlu dilakukan monitoring atau pemantauan agar performa website terus stabil sesuai target perusahaan, jangan pernah menghentikan campaign SEO meski jumlah traffic sudah sangat banyak. (*)

  • Bagikan