Aturan Baru Pelaksanaan Tes CAT CPNS/PPPK, Salah Satunya Wajib Ada Live Score

  • Bagikan
Ilustrasi tes CAT CPNS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Prosedur pelaksanaan tes dengan metode Computer Assisted Test (CAT) bertambah. Penambahan prosedur itu berlaku juga untuk test CAT PPPK maupun tes CAT CPNS.

Prosedur tambahan tes CAT PPPK, tes CAT CPNS, tes CAT Sekolah Kedinasan maupun CAT lainnya tertuang dalam Surat Edaran Kepala BKN Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prosedur Tambahan pada Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT.

Salah satu tambahan prosedur untuk tes CAT PPPK, tes CPNS dan tes Sekolah Kedinasan yakni memastikan live score yang dapat diakses masyarakat.

Prosedur tambahan test CAT PPPK maupun tes CAT CPNS meliputi tahap persiapan dan tahap pelaksanaan.

I. Tahap Persiapan Sebelum Seleksi

Prosedur tambahan pada tahap persiapan sebelum pelaksanaan seleksi yang dilakukan oleh tim pelaksana CAT BKN terdiri atas:

1. Melakukan koordinasi persiapan di lokasi seleksi dengan panitia seleksi instansi;

2. Melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana

3. Mengisi form checklist survei lokasi pelaksanaan seleksi

4. Dalam hal pemeriksaan sarana dan prasarana ditemukan ketidaksesuaian spesifikasi dan adanya sarana dan prasarana yang mengarah kecurangan seperti pengendalian jarak jauh/remote access, Tim Pelaksana CAT BKN dapat melakukan pembatalan seleksi setelah berkoordinasi dengan Kepala Kantor Regional BKN setempat atau Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi;

5. Pembatalan seleksi didahului dengan membuat berita acara pembatalan

6. Dalam hal sarana dan prasarana belum seluruhnya siap untuk digunakan dalam jangka waktu 12 jam sebelum pelaksanaan seleksi, Tim Pelaksana CAT BKN dapat melakukan penundaan seleksi setelah berkoordinasi dengan Panitia Seleksi Instansi dan Kepala Kantor Regional BKN setempat atau Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi;

  • Bagikan