Refly Harun Berharap ada 4 Pasangan di Pilpres, Begini Kalkulasi Partainya

  • Bagikan
Pakar hukum tata negara Refly Harun -- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyoroti pergolakan politik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini salah satunya dengan isu dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang mengusung Ganjar Pranowo dengan Erick Thohir.

Hal itu disoroti Refly Harun melalui video di akun YouTube pribadinya. Dalam video tersebut, Refly Harun mengungkapkan bahwa KIB berencana akan mencalonkan dua nama tersebut.

"KIB konon katanya mau mengerek Ganjar-Erick. Kalau KIB Ganjar-Erick, maka PDIP ya Puan siapa kek, biar Prabowo-Cak Imin maju juga," ungkap Refly Harun melalui video di kanal YouTube pribadinya, dikutip Selasa (28/6).

Kemudian, Refly Harun juga menyebutkan bahwa nama-nama pasangan yang muncul dalam bakal calon presiden (Capres) 2024 pada Pilpres 2024 mendatang, akan ada 4 calon menarik.

"Biar ada pasangan 4 calon dan menarik pilpres kita ke depan karena bukan hanya pasangan 2 calon saja. Dan saya kira kita harus fair. Pendukung Anies siapa, pendukung Ganjar siapa, pendukung Puan siapa, dan kemudian pendukung Prabowo siapa. Kita berharap pemilunya jujur dan adil," tutur Refly Harun.

Lanjut, Refly Harun mengatakan bahwa ada kemungkinan mengejutkan juga jika Anies Baswedan berpasangan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Tapi kemudian apakah memang Anies akan dipasangkan dengan Surya Paloh, we don't exactly. Karena at the same time, AHY juga bergeriliya ke Prabowo Subianto. Karena Prabowo Demokrat bisa juga," ujar Refly Harun.

Menurut Refly Harun, beberapa pasangan bisa saja terjadi. Bahkan dari Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), asal bisa saling menjalin kemistri untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Jadi pasangan Prabowo-AHY juga bisa, ga soal kalaupun sama-sama militer. Yang penting kemistri keduanya bisa jalan. Karena orang tidak lagi melihat militer dengan militer saat ini. Sipil-Militer itu gak lagi menjadi paradigma," pungkas Refly Harun.(wartaekonomi/fajar)

  • Bagikan