Rekam Jejak Anies Baswedan Layak Capres 2024, Rico Marbun: Tapi Tiket Parpol seperti Kotak Gelap yang Ada Dalam Pintu Terkunci

  • Bagikan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pengamat politik Rico Marbun menyebut rekam jejak Anies Baswedan sudah layak jadi capres 2024. Mulai menteri hingga jadi gubernur mengalahkan petahana di DKI Jakarta 2017 lalu.

Namun ada satu problem yang mengganjal dan masih menghantui Anies Baswedan dalam hal merealisasikan dirinya maju capres 2024. Apakah itu?

Menurut pengamat politik Rico Marbun, hal itu berkaitan dengan dukungan partai politik atau tiket pilpres.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun tak memungkiri potensi dan peluang Anies sebagai Capres 2024 sudah kelihatan, setidaknya sejak memenangkan Pilgub DKI Jakarta pada tahun 2017 lalu.

“Pak Anies Baswedan ini rekam jejaknya sudah layak masuk dalam kategori capres. Pernah menjadi menteri pendidikan dan kini kepala daerah,” kata Rico, Selasa (28/6).

“Kapabilitas komunikasi publik juga tidak perlu diragukan,” ujarnya lagi.

“Tahun 2017 lalu beliau berhasil mengalahkan petahana di DKI Jakarta. Artinya semangat juang juga ada,” sambungnya lagi.

Namun di samping itu, yang namanya usung mengusung figur sebagai Capres diperlukan dukungan dari partai politik (Parpol). Hal inilah yang menurut Rico menjadi masalah utama Anies Baswedan.

“Problem paling besar dari beliau sekarang adalah tiket partai,” imbuhnya menegaskan.

Jika melihat sejumlah simulasi pemilihan baik melalui survei maupun poling, secara konsisten Anies selalu masuk dalam 3 besar alias top three.

“Tapi tiket Parpol ini seperti kotak gelap yang ada dalam pintu terkunci, benar-benar kurang jelas,” tuturnya.

  • Bagikan