KPPU Kawal Pelaksanaan Kerja Sama Pelabuhan Garongkong

  • Bagikan
Kepala Kantor Wilayah VI KPPU, Hilman Pujana

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan mengawasi pengelolaan Pelabuhan Garongkong yang saat ini dipegang oleh PT Pelindo. Pengawasan terkait dengan pesaingan usaha yang nantinya melibatkan kemitraan.

KPPU ingin dalam proses pelibatan kemitraan nantinya dilakukan dengan mengedepankan prinsip persaingan usaha yang sehat, yaitu adil, terbuka, dan bisa bersaing.

"Kenapa harus bisa bersaing, agar bisa memberikan penawaran yang paling efektif dan efisien agar nantinya jasa yang diterima masyarakat bisa sebaik-baiknya dengan harga yang juga kompetitif," ujar Kepala Kantor Wilayah VI KPPU, Hilman Pujana, Kamis, 30 Juni.

Permintaan KPPU didasarkan pada keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang baru saja menunjuk Pelindo sebagai pengelola Pelabuhan Garongkong menggantikan unit kerja sebelumnya.

Menurut Hilman, Pelabuhan Garongkon akan menjadi pelabuhan yang sangat potensial nantinya dalam memacu gerak perekonomian di Sulsel. Sehingga, kata dia, ada baiknya jika dalam pengelolaannya nanti dilakukan dengan komitmen persaingan usaha yang sehat.

KPPU berharap Kemenhub dapat menyampaikan kepada Pemerintah Daerah setempat terkait rencana pola kerja sama yang akan dijalankan oleh badan usaha pelabuhan tersebut.

“Diharapkan pola kerja sama tersebut dapat memberikan kesempatan kepada pelaku usaha di daerah untuk dapat berpertisipasi dalam KSP BMN Pelabuhan Garongkong dalam berbagai bentuk, antara lain melalui kemitraan,” ujar Hilman Pujana.

Kemenhub diminta untuk mendorong agar Pelindo membuka komunikasi dengan pemerintah daerah setempat dalam penyelenggaraan Pelabuhan Garongkong.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan