Siap Jadi Pembawa Pesan Selensky ke Putin, Presiden Jokowi: Ini Manifestasi Kepedulian Indonesia

  • Bagikan
Presiden Jokowi melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. -BPMI Setpres/Laily Rachev-Sekretariat Presiden

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina.

Jokowi mengatakan bahwa kunjungan dirinya ke Ukraina sebagai bukti kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden Jokowi, dikutip dari Sekretariat Presiden, Kamis 30 Juni 2022.

Jokowi juga mengatakan bahwa dirinya menawarkan diri menjadi pembawa pesan untuk Presiden Putin demi mendorong kedamainan kedua negara tersebut.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga memberikan bantuan untuk Ukraina seperti obat-obatan hingga rekonstruksi rumah sakit di Kyiv terdampak akibat perang.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal pentingnya Ukraina untuk rantai pasok pangan dunia. Jokowi meminta semua pihak ikut memberikan jaminan keamanan atas ekspor pangan Ukraina.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," jelas Jokowi. (wartaekonomi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan