Tawarkan PPDB Lewat ‘Pintu Belakang’, Oknum Sekolah di Makassar Patok Rp 2 Juta

  • Bagikan
Ilustrasi suap

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Oknum Sekolah Dasar (SD) Inpres daerah Tamalate, Kota Makassar diduga menawarkan orangtua siswa membayar Rp2 juta untuk masuk sekolah tersebut.

Lantaran calon siswa tidak lulus dalam seleksi zonasi, ada yang membuka penerimaan ‘lewat jendela’ menampung anak lulusan taman kanak-kanak daerah Parang Tambung itu.

"Ada yang kabari saya hari ini (kemarin). Karena banyak yang tidak lulus mau lewat belakang. Kuotanya tidak banyak," ujar orangtua calon siswa yang meneruskan pesan singkat via WhatsApp, yang diterima pada Rabu (29/6/2022).

Padahal, kata dia, zona sekolah dengan sekolah TK asal jaraknya tidak jauh.

"Dekat sekolah yang pilihan pertama. Jadi bukan rekayasa buat masuk zona," katanya lagi.

Kini dirinya berharap agar ada kebijakan bagi anaknya. Apalagi jika diketahui masih ada kuota yang sengaja disimpan agar ada jalur masuk yang lain selain yang sudah ditetapkan.

Menanggapi itu, Kadis Pendidikan Makassar Muhyiddin mengatakan meminta orangtua calon siswa itu agar membuat surat tertulis. Selanjutnya akan ditangani.

"Suruh orangtuanya buat laporan pengaduan tertulis ke kantor," kata Muhyiddin.

Kasi Kesiswaan Disdik Makassar Syamsuddin meminta agar orangtua calon siswa jangan menanggapi perihal itu. (selfi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan