Gemasnya Emak-emak Kamal Muara Cubit Pipi Anies, Ada Apa?

  • Bagikan
Pipi Gubernur Anies Baswedan jadi sasaran emak-emak Kamal Muara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meletakkan pipa untuk pemasangan tahap lanjutan, agar warga Kamal Muara dapat akses air bersih secara merata.

"Alhamdulillah pagi ini kita hajatan di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, mensyukuri 100 hari masuknya pipa air bersih di kawasan ini. Selama puluhan tahun warga harus membeli air di jeriken atau menadah air hujan," papar Anies dalam keterangannya di Facebook, Jumat (1/7/2022).

Anies mengatakan, berdasarkan perhitungan PAM Jaya, sebelumnya warga Kamal Muara harus belanja air harian atau mingguan.

Dengan total pengeluaran per bulannya Rp 800 ribu-Rp 1 juta. Setelah ada pipa air bersih, kini warga hanya bayar Rp 50 ribu sampai Rp 80 ribu per bulan.

"Ini penghematan yang luar biasa. Biaya yang tadinya habis untuk belanja air bisa turun 95%. Artinya pendapatan mereka bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain. Bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah, kegiatan lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut mantan Mendikbud itu menegaskan pembangunan akses air perpipaan ini merupakan komitmen dirinya dalam pemerataan keadilan sosial dan mengurangi penurunan muka tanah serta kerusakan lingkungan di Jakarta.

Saat ini tercatat sudah 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan. Yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11 dan 12.

Juga 8 RT di RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang tersambung akses air perpipaan oleh PAM Jaya, yakni RT 01 – 08.

Total sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM Jaya melalui proyek SPAM Hutan Kota di Kamal Muara. Jumlah ini akan terus bertambah.

"Semoga masuknya jaringan PAM menjadi keberkahan bagi masyarakat Kamal Muara," tuturnya.

Saking girangnya, kawanan emak-emak warga Kamal Muara pun mengerubungi Anies dan mencubit pipinya sebagau wujud terima kasihnya kepada sang gubernur.

  • Bagikan