Intervensi Pasar Murah Berhasil Tekan Inflasi, Kota Parepare Terendah di Sulsel

  • Bagikan
Ilustrasi Inflasi

FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare mampu menekan inflasi bulanan menjadi terendah di Sulsel per Juni 2022 hingga 0,11 persen. Pelaksanaan pasar murah yang digelar Pemkot Parepare sukses menekan laju inflasi.

Badan Pusat Statistik (BPS) Parepare merilis inflasi bulan Juni Kota Parepare sebesar 0,11 persen atau terendah di Sulsel.

Bulan sebelumnya atau pada Mei, inflasi di Kota Parepare sempat tercatat tertinggi di Sulsel dengan menyentuh angka 1,88 persen. Inflasi terendah di Kota Makassar sebesar 0,13 persen.

Untuk bulan Juni 2022, inflasi tertinggi terjadi di Kota Watampone sebesar 1,06 persen dan inflasi terendah di Kota Parepare sebesar 0,11 persen.

Sementara inflasi di Kabupaten Bulukumba sebesar 0,46 persen, Kota Palopo inflasi sebesar 0,40 persen, dan Kota Makassar 0,29 persen.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, pasar murah ini sengaja digelar menjelang momentum hari raya Idul Adha. Intervensi lewat program ini dianggap tepat, minimal dalam hal pengendalian harga bahan pokok di pasaran.

"Menjelang hari raya Idul Adha, pemerintah harus hadir mengintervensi, seperti apa kebutuhan masyarakat. Program pasar murah ini pasti sangat membantu masyarakat. Sekaligus multiplier effecrtnya, kami harap inflasi kita rendah dan terkendali,” ujarnya, Kamis, 30 Juni.

Pemkot Parepare menggelontorkan lebih dari Rp700 juta untuk menggelar pasar murah ini. Dengan begitu, secara tidak langsung harga barang dipasaran juga akan terkendali dengan baik.

”Kami siapkan anggaran kebih Rp700 juta menjelang Idul Adha dalam model pasar murah ini. Program ini asas manfaatnya sangat besar bagi masyarakat, sekaligus pengendali supaya tidak ada gejolak harga yang berlebihan,” lanjutnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan