Beda Versi Penetapan Idul Adha Pemerintah dan Muhammadiyah, Bukan Karena Dalil, Ternyata Ini Akar Masalahnya

  • Bagikan
DOKUMENTASI: Petugas tengah memantau hilal untuk menentukan 1 Ramadan pada 2019 lalu. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Perbedaan pendapat tentang awal bulan menjadi keniscayaan selama definisi hilal tidak didasarkan pada syariat Al Quran dan Hadis.

Perbedaan penetapan awal bulan sejauh ini dipandang hal biasa, dan tidak menimbulkan konflik sengketa. Ini menunjukkan kedewasaan umat dalam menyikapi perbedaan.

Guru Besar Fisika Teoretik FMIPA Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Tasrief Surungan menjelaskan kriteria yang digunakan dalam penetapan awal bulan Hijriah merupakan ijtihad para ulama yang mengadopsi definisi hilal dan kriteria visibilitasnya.

Maka, berdasarkan kriteria ini, dapat dipahami jika tanggal 1 Zulhijjah di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Kenapa?

Guru Besar Fisika Teoretik FMIPA Universitas Hasanuddin, Prof. Tasrief Surungan

Sebab pada Rabu tanggal 29 Juni, di wilayah Indonesia, saat matahari terbenam, ketinggian bulan di atas ufuk belum memungkinkan kenampakan hilal.

Dalam kondisi seperti ini, maka wilayah Indonesia, dan wilayah negara tetangga yang letak bujurnya hampir sama dengan Indonesia, memutuskan menggenapkan jumlah bilangan bulan Zulkaiddah menjadi 30.

Sementara, pada 29 Juni itu, bertepatan dengan 29 Zukaiddah, Rabu magrib di Arab Saudi, ketinggian bulan di atas ufuk semakin memadai bagi kenampakan hilal.

Demikian pula seterusnya, ke wilayah barat termasuk Eropa dan Amerika.

"Itu sebabnya, Saudi Arabia menetapkan Tgl 1 Zulhijjah 1443 H, bertepatan dengab hari Kamis, 30 Juni 2022. Konsekuensinya, perayaan Idul Adha menjadi berbeda," ujar Prof Tasrief kepada fajar.co.id, Senin (4/7/2022).

Sebab itu, terang Prof Tasrief, dalam mencermati perbedaan perayaan Idul Adha 1443 H, perlu pemahaman berbasis pada ilmu pengetahuan, sedemikian perbedaan yang ada dapat dicari solusinya dengan hikmah dan benar.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan