Tak Titip Pesan ke Jokowi untuk Disampaikan ke Putin, Ini Pernyataan Lengkap Zelenskyy

  • Bagikan
Presiden Jokowi melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. -BPMI Setpres/Laily Rachev-Sekretariat Presiden

 FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Serhii Nikiforov selaku juru bicara Presiden Ukraina Zelenskyy mengatakan tiada pesan dititipkan ke Presiden Jokowi. Jubir ini juga menyebut isi pertemuan masalah impor gandum.

Diketahui, Presiden Ukraina Volodymir Zelenskyy menepis telah menitipkan pesan bagi Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu dengan Presiden Jokowi.

Bermula ketika Serhii Nikiforov selaku juru bicara Zelenskyy mengatakan bila tiada pesan dititipkan ke Presiden Jokowi.

Nikiforov mengatakan bila Zelenskyy ingin memberikan pesan ke Putin maka akan disampaikan langsung dalam pidato terbuka.

“Indonesia adalah salah satu pengimpor gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pada pelabuhan Ukraina menjadi fokus utama pembicaraan di antara kedua presiden di Kyiv,” kata Nikiforov kepada kantor berita Pravda, Minggu (3/7/2022).

Jubir Presiden Ukraina ini menuturkan, persoalan ekspor gandum dari Ukraina yang diblokade Rusia menjadi hal yang didiskusikan oleh Zelenskyy dan Jokowi.

Sementara terkait pesan kepada Vladimir Putin, Nikiforov menegaskan Presiden Ukraina ini akan menyampaikan secara terbuka jika ingin berbicara dengan seseorang.

“Rusia bertanggungjawab penuh atas gangguang ekspor ke Indonesia serta ke bagian lain dunia. Dan Rusia juga harus bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali blokade pelabuhan Ukraina segera dicabut,” tutur Nikiforov.

“Hal inilah yang Volodymir Zelenskyy diskusikan secara detail dengan Joko Widodo,” imbuh dia.

“Adapun terkait pesan, jika Presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia akan melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya,” lanjut jubir presiden Ukraina ini dilansir detikcom.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan