Presiden Zelensky Berselisih dengan Militernya, Presiden Belarus: Konfrontasi dan Konflik Serius Dimulai Antara Zelensky dan Militer Ukraina

  • Bagikan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Pemimpin militer dilaporkan mengambil keputusan tanpa persetujuan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Hal ini disebut jadi penyebab perselisihan presiden dan militer Ukraina.

Dalam pidatonya pada Selasa (5/7), Presiden Zelensky mengakui ada perselisihan dengan militer ini dan menyuarakan rasa frustasi dengan para pemimpin militer karena tidak dilibatkan pada pengambilan kebijakan terkait rekrutmen.

Perselisihan Presiden Ukraina dengan militer ini terkait Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina baru-baru ini mengumumkan pembatasan baru yang mengharuskan wajib militer, cadangan, dan lainnya tunduk pada dinas militer, untuk mendapat izin perekrutan teritorial militer dan pusat dukungan sosial untuk meninggalkan wilayah mereka.

Presiden Zelensky menyebut keputusan tersebut seharusnya tidak dibuat tanpa masukannya dan hal itu menyebabkan banyak perselisihan.

“Saya melihat ada penilaian yang berbeda dari keputusan seperti itu. Ada kesalahpahaman, dan bahkan kemarahan di masyarakat,” kata Presiden Zelensky, seperti dikutip dari Newsweek.

Ia kemudian menginstruksikan para pemimpin militer untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang keputusan itu dalam pertemuan pada Rabu (6/7) waktu setempat.

“Saya meminta Staf Umum untuk tidak membuat keputusan seperti itu tanpa saya di masa depan,” tegasnya.

Langkah militer itu disambut dengan kritik dari beberapa orang Ukraina.

Di media sosial, mereka mengungkapkan kekhawatiran bahwa hal itu secara tidak adil membatasi kemampuan orang untuk bepergian, dan dapat membahayakan ekonomi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan