Cara Membedakan Daging Kurban yang Diterima Sapi atau Kambing

  • Bagikan
Ilustrasi Daging Kurban, Image oleh PDPhotos dari Pixabay--

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Saat memperoleh daging kurban Iduladha, kerap tak menjumpai label yang menjelaskan apa persisnya daging yang diterima.

Tapi, Anda dapat membedakan daging kurban yang diterima sapi atau kambing yang diterima melalui sejumlah petunjuk berikut, seperti dikemukakan Cookpad dalam siaran resmi yang diterima, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 9 Juli 2022.

Daging kambing mempunyai serat yang lebih tebal sehingga teksturnya lebih kasar dan ketika dipegang terasa lebih empuk. Sedangkan daging sapi seratnya lebih kecil dan renggang, ketika dipegang pun terasa lebih kenyal dan halus.

Daging sapi juga mempunyai garis putih lemak yang panjang, sedangkan daging kambing tidak. Gumpalan lemak daging kambing berkumpul di bagian tertentu saja.

Jika diperhatikan lebih seksama, kedua daging ini mempunyai warna yang berbeda. Daging sapi mempunyai warna pucat dan akan berubah menjadi coklat gelap saat terpapar udara. Sedangkan daging kambing warnanya merah cerah dan akan berubah agak ungu ketika terkena suhu ruangan.

Tentunya, saat dimasak rasa kedua daging juga berbeda. Daging kambing mempunyai rasa lebih gurih daripada daging sapi. Rasa gurih daging kambing dipengaruhi oleh aromanya.

Bila Anda mendapatkan daging sapi, tak perlu bingung harus memilih hidangan apa yang tepat untuk potongan daging tertentu. Ada beberapa rekomendasi menu yang cocok dengan tiap potongan daging.

Bila Anda mendapatkan has luar, potongan daging dari bagian bawah iga sampai ke luar has dalam, coba olah menjadi steak atau semur.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan