Pisang Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah, Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

  • Bagikan
ILUSTRASI. Pisang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA --- Peningkatan kadar gula darah ternyata tidak hanya bisa disebabkan oleh konsumsi makanan bergula tinggi. Buah pisang yang dipercaya menyehatkan pun bisa memberikan efek serupa.

Pisang sendiri memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi. Dalam satu buah pisang berukuran sedang umumnya mengandung 23 gram karbohidrat, 2,6 gram serat, dan 12 gram gula sederhana.

"Pisang adalah buah-buahan sehat dengan banyak kandungan gizi yang bisa menunjang kesehatan secara umum," jelas ahli kebugaran Nataly Komova seperti dilansir Express dikutip PMJ News, Sabtu (8/7/2022).

Komova menambahkan, konsumsi pisang dalam jumlah besar bisa memicu lonjakan kadar gula darah, khususnya bagi individu yang sensitif terhadap karbohidrat.

Sementara seorang raktisi National Health Service (NHS) Dr David Unwin bahkan mengklaim bahwa konsumsi banyak pisang sama buruknya seperti menyantap enam sendok gula.

Di sisi lain, ada banyak ahli diabetes yang tak sependapat dengan Dr Unwin. Semua makanan yang mengandung karbohidrat pada dasarnya bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Namun, ini terjadi secara perlahan, sedang, atau cepat.

Indeks glikemik (IG) pada suatu makanan dapat memberi petunjuk mengenai seberapa cepat makanan tersebut bisa memicu peningkatan kadar gula darah.

Makanan dengan skor IG yang rendah, yaitu 55 ke bawah, biasanya menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang perlahan atau bertahap. Sebaliknya, makanan dengan IG yang tinggi akan memicu lonjakan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan