Perdana Pasca Covid-19, Civitas Akademika UNM Kembali Gelar Salat Iduladha di Pelataran Pinisi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sejumlah civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) memadati pelataran Menara Pinisi, untuk mengikuti Salat Iduladha, Minggu, 10 Juli 2022.

Untuk pertama kalinya setelah pandemi, UNM Makassar kembali menggelar salat Iduladha yang dipusatkan di Menara Pinisi yang sebelumnya juga telah dilaksanakan Salat Idulfitri 1443 H.

Pelaksanaan Salat Iduladha di Pelataran Menara Pinisi UNM menghadirkan Prof Arifuddin Achmad sebagai khatib.

Rektor UNM Prof Dr Ir. Husain Syam, MTP., IPU, ASEAN Eng merasa bahagia dan gembira karena bisa kembali melaksanakan Salat Iduladha bersama dengan keluarga, civitas akademika dan masyarakat sekitar.

“Kita tentu berbahagia karena setelah dua tahun pandemi civitas akademika bisa berkumpul dalam momen bahagia ini,” ujar Prof Husain Syam usai melaksanakan salat.

Prof Husain Syam berharap melalui momen Iduladha ini bisa meneladani sifat dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

“Kita umat muslim harus mengambil hikmah dari apa yang telah ditunjukkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam berkorban,” jelasnya.

Sementara itu, Prof Arifuddin Achmad yang menjadi khatib menyampaikan, Iduladha merupakan hari raya istimewa bagi umat Islam.

Momentum Iduladha selain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus sebagai momentum untuk memastikan kohesi iman dan ilmu dapat memperkuat ukhuwah dan kepedulian sosial dengan menggali hikmah di balik amalan pada bulan Zulhijjah.

“Ibadah qurban yang kita lakukan pada hari ini dan hari-hari tasyriq dengan menyembelih hewan qurban juga menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama, maka harus menyembelih sifat kebinatangan pada diri kita, khususnya sifat tamak, rakus, dan buas yang menimbulkan sifat kikir dan angkuh dalam arti mampu mengendalikan agar sifat-sifat tersebut digunakan untuk hal-hal yang positif, seperti meningkatkan etos kerja untuk meraih sesuatu dengan cara-cara yang benar, baik dan bagus,” jelasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan