Hingga Masa Reses, Komisi IX DPR Belum Bahas Isu Ganja Medis

  • Bagikan
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo (foto: dok DPR RI)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Hingga saat ini DPR RI belum mengagendakan pembahasan soal pemanfaatan ganja medis. Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo menjelaskan, hingga memasuki masa reses, belum ada komunikasi antar komisi untuk membahas isu ganja medis tersebut.

Pasalnya pimpinan DPR sudah melakukan audiensi dengan Santi Warastuti, dimana saat itu pimpinan DPR menyebut, DPR akan segera melakukan komunikasi dengan komisi teknis dan lembaga terkait untuk merevisi undang-undang narkotika.

Terkait dengan pembahasan isu ganja medis, DPR masih mengikuti perekembangan isunya. Karena dalam hal ini DPR harus memiliki asas kehati-hatian agar aspirasi yang masuk tidak menjadi polemik.

"Yang jelas begini, bahwa itu harus kita sikapi dengan asas kehati-hatian, artinya kita juga memahami beberapa waktu lalu sempat isu yang sangat heboh di media sosial dengan ibu-ibu yang menginginkan ganja medis untuk pengobatan anaknya," kata Handoyo, Senin (11/7/2022).

"Namun demikian asas kehati-hatian harus kita sampaikan dari awal, bahwa perlu ada kajian perlu ada satu telaah, perlu ada diskusi yang komprehensif yang melintasi, mulai dari kalangan medis kemudian farmasi, psikiater, psikolog, hukum, Pakar sosiologi, itu harus secara komprehensif dampaknya seperti apa," sambungnya.

Ia mengatakan, saat ini tengah dijajaki komunikasi secara komprehensif, duduk bersama untuk mendengarkan dari sisi pemanfaatan dan dampak resikonya. Menjadi langkah konkrit kedepan untuk menykapi isu pemanfaatan ganja medis di DPR. (riki/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan