Salim Segaf Beber Tim Kecil Nasdem, Demokrat dan PKS, Refly Harun: Lem Perekatnya Anies Baswedan

  • Bagikan
Refly Harun (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Salim Segaf, membocorkan ada tim kecil yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS.

Sosok Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, disebut merupakan lem perekat tiga partai politik, yaitu Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS.

Kendati disebut sebagai perekat antara Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS, pengamat politik, Refly Harun, mengatakan belum ada jaminan Anies Baswedan akan dicalonkan oleh ketiga partai ini.

Itu karena, menurut Refly Harun, politik itu dinamis sehingga belum ada kejelasan apakah Anies Baswedan akan dicalonkan oleh ketiga partai ini.

“Politik itu dinamis, belum ada jaminan Anies Baswedan itu pasti akan dicalonkan oleh ketiga ini,” ujar Refly Harun di kanal YouTube-nya pada Senin (11/7).

Tetapi, pengamat politik ini justru tak melihat adanya faktor pemersatu lain dari tiga partai tersebut selain sosok Anies Baswedan.

"Tapi, kalau ketiga partai ini berkoalisi dan akhirnya sepakat dengan koalisi itu maka justru lem perekatnya adalah Anies Baswedan,” ujar Refly Harun.

Itu karena, tanpa ketokohan Anies Baswedan, tiga partai politik yang berbeda ideologinya ini tidak memiliki alasan untuk bergabung membentuk satu kekuatan.

“Karena, penggabungan menjadi satu kekuatan itu memang sangat didorong oleh siapa calon presidennya,” ujar Refly Harun. (wartaekonomi/fajar)

  • Bagikan