Empat Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Dijadwalkan Tiba 15 Juli

  • Bagikan
Ilustrasi -- Calon Jamaah Haji (CJH) berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda. (Humas Pemprov Jatim)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA -- Fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) sudah selesai. Seluruh jemaah haji Indonesia telah kembali ke hotel masing-masing di Makkah Al-Mukarramah. Mereka akan menjalani ibadah Thawaf Ifadlah di Masjidil Haram.

Operasional ibadah haji kini memasuki fase pemulangan jemaah haji, khususnya bagi jemaah haji yang berangkat pada gelombang pertama. Kepala Daerah Kerja Makkah, Mukhammad Khanif, mengatakan proses pemulangan jemaah haji akan mulai dilakukan pada, Jumat, 15 Juli 2022.

“Ada enam kloter yang akan pulang ke Tanah Air dari Makkah Al-Mukarramah, masing-masing kloter pertama Embarkasi Solo (SOC 1), Padang (PDG 1), Jakarta – Bekasi (JKS 1), dan Jakarta – Pondok Gede (JKG 1),” terang Khanif di Makkah, Rabu (13/7/2022).

"Lainnya adalah kloter kedua Embarkasi Solo (SOC 2) dan Jakarta - Bekasi (JKS 2)," lanjutnya.

Menurut Khanif, jemaah SOC 1 menjadi yang pertama diberangkatkan dari hotel mereka di Makkah menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Mereka dijadwalkan terbang ke Tanah Air pada pukul 05.10 waktu Arab Saudi (WAS).

“Aturan pemberangkatan, jemaah sudah diberangkatkan delapan jam sebelum jadwal penerbangan. Jadi SOC 1 dimungkinkan akan diberangkatkan pada Kamis malam Jumat," terang Khanif.

“Rencananya, keberangkatan jemaah akan dilepas dari hotel di Makkah oleh Delegasi Amirul Hajj. Menag akan melepas dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah," sambungnya.

Khanif menambahkan, pihaknya hari ini akan memulai proses penimbangan koper bagasi jemaah haji Indonesia. Penimbangan kali pertama akan dilakukan di Hotel Kiswah-Jarwal, tempat jemaah asal Embarkasi Solo (SOC).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan