Banjir di Jakarta Mulai Surut, Tersisa 20 RT

  • Bagikan
Sejumlah kendaraan bermotor nekad menerobos banjir sedalam 15-20 centimeter di Jalan Kali Abang Tengah, Kota Bekasi, Kamis, 2 Juni 2022.-Tuahta Simanjuntak-FIN

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- BPBD mengungkapkan Jakarta Barat yang sebelumnya sebanyak 49 RT tergenang kini semuanya sudah surut seiring dengan redanya hujan di Ibu Kota dan berbagai upaya penanganan.

"Berdasarkan data terakhir yang masuk sekitar pukul 15.00 WIB, banjir tersisa di 20 RT yang ada di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, turun dari sebelumnya sekitar 92 RT pada Sabtu pagi," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Muhammad Insyaf dalam keterangannya, Sabtu, 16 Juli 2022.

Berdasarkan pantauan di Kampung Melayu di mana pada pagi hari terdapat 24 RT terendam banjir sedalam 160 cm akibat luapan kali Ciliwung, pada Sabtu petang sekitar pukul 17.00 WIB banjir telah surut.

Dari penelusuran di Jalan Inspeksi Kali Ciliwung yang menghubungkan Jalan Jatinegara Barat dan Jalan KH Abdullanh Syafei yang merupakan lokasi langganan banjir, terlihat tidak ada lagi genangan, bahkan jalanan juga telah kering dan warga beraktivitas secara normal.

Adapun banjir yang tersisa, menurut keterangan dari BPBD DKI Jakarta, adalah sedalam 40 cm sampai 130 cm, yang merendam 16 RT di Jakarta Selatan dan empat RT di Jakarta Barat.

"Kondisi genangan (banjir) kini masih ditangani oleh BPBD, DSDA, Damkar, dan PPSU Kelurahan. Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," tutur Insyaf. (fin)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan