Tiba dari Tanah Suci, Lima Jemaah Haji Positif Covid-19

  • Bagikan
Salah seorang jamaah haji diperiksa tim kesehatan. (Dipta Wahyu/JawaPos)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 5 dari 450 jamaah haji yang baru tiba dari Tanah Suci dinyatakan positif Covid-19. Minggu (17/7), jamaah haji kelompok terbang (kloter) kedua tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya pada pukul 14.35 WIB.

Kloter yang berasal dari empat daerah, yaitu Tuban, Bojonegoro, Lamongan, dan Surabaya, itu menggunakan 11 bis dari Bandara Internasional Juanda. Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya Abdul Haris menyampaikan, terdapat 450 orang dalam kloter kedua.

”Terdiri atas 259 orang dari Bojonegoro, 146 orang dari Tuban, 2 orang dari Lamongan, dan 39 orang dari Surabaya,” kata Abdul Haris.

Dia memastikan, penerapan protokol serta pemeriksaan kesehatan dilakukan sama seperti kloter sebelumnya. ”Setelah dilakukan pemeriksaan di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, dari 450 tersebut, ada 4 orang yang terindikasi positif sehingga dilakukan tes PCR,” ungkap Abdul Haris.

Berdasar dari hasil swab antigen jamaah lainnya terdapat 5 hasil positif yang kemudian dilanjutkan dengan tes PCR. Dari PCR tersebut diketahui ada 5 orang positif Covid-19 dan 4 orang negatif.

”Seluruh jamaah terkonfirmasi positif telah kembali ke daerah dengan penanganan tersendiri. Selanjutnya akan ditangani dinas kesehatan setempat,” terang Abdul Haris.

Selain memberikan masker kepada jamaah haji yang tidak memakai masker, Haris menjelaskan, tim BPBD juga membagikan makanan dalam box kepada jamaah haji.

”Kamu juga melakukan disinfeksi pada tas bagasi jamaah haji dan bus yang dipakai penjemputan jamaah haji,” ujar Abdul Haris. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan