Pulau Samalona, Cantik dengan Sejuta Misteri di Bawah Laut Dalam

  • Bagikan
Pulau Samalona (foto: Instagram @donyarcapada)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Selat Sulawesi Selatan menyimpan sebuah keindahan kecil dengan panorama laut yang tak kalah menakjubkan dari pesisir pantai Apalarang, Bulukumba.

Dikelilingi air laut menjadikan Pulau Samalona dengan luas 2.34 hektar itu terlihat lebih estetik, apalagi di hiasi dengan keindahan pasir putih disepanjang pesisir pantai dan deburan ombaknya yang tenang mampu menghipnotis siapa saja yang datang berkunjung.

Deretan pohon kelapa yang banyak menambah suasana nyaman. Pulau kecil dengan penduduk yang tak cukup banyak sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri sambil menikmati suasana pantai di pulau samalona.

Daya tarik utama wisata pulau samalona adalah wisata bawah lautnya yang sangat indah. Bagi penyuka snorkeling bisa menikmati keindahan bawa laut.

Airnya yang jernih akan membawa penyelammnya melihat aneka macam ikan dan keindahan terumbu karangnya dengan sangat jelas.

Meskipun begitu, dibalik keindahannya. pulau kecil samalona menyimpan sejarah tersembunyi.

Di bawah air lautnya yang indah terdapat bangkai kapal peninggalan perang dunia dua, kisaran tujuh buah kapal.

Kapal-kapal tersebut diketahui tenggelam di sekitar pulau samalona.

Diantara kapal tenggelam tersebut terdapat kapal Maru yakni kapal perang jepang yang tenggelam di ke dalaman 30 meter, kapal Lancaster Bomber, dan Kapal kargo Hako Maro.

Konon kapal-kapal tersebut kini telah menjadi karang, tempat hidup banyak satwa lainnya. Bagi penyuka scorkelling mungkin akan menemukan sisa-sisa dari bangkai kapal tersebut.

  • Bagikan