Terancam Diblokir di Indonesia, Ini Kabar Terbaru WhatsApp dari Kominfo

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID -- Sempat akan ditutup oleh Kementerian Komunikasi dan Informastika (Kominfo) Republik Indonesai (RI), kini WhatsApp resmi terdaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat di Kominfo RI per Selasa 19 Juli kemarin.

Kabar ini, di publikasikan langsung lewat situs PSE Kominfo RI kemarin, berdasarkan nomor registrasi 004994.06/DJAI.PSE/07/2022'WhatsApp
Messenger dengan alamat apps.apple.com/au/app/whatsapp-messenger/id310633997 terdaftar dengan nomor 004994.05/DJAI.PSE/07/2022.

Dalam situs PSE Kominfo pukul 23.31 WIB, Whatsapp.com dan WhatsApp Messenger sudah didaftarkan per hari ini oleh perusahaan yang sama yang mendaftarkan Instagram dan Facebook, yakni Facebook Singapore PTE. LTD.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan dalam wawancaranya bersama CNBC Indonesia.

Ditjen Aplikasi Informatika itu mengatakan, raksasa digital Meta Group telah mendaftar di PSE Keminfo pada Selasa kemarin.

"Meta Group juga sudah mendaftar," ujar Ditjen Aplikasi Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan, Rabu (20/7/2022).

Selain WhatsApp, Samuel membeberkan beberapa platfom digital seperti google juga telah terdaftar di PSE Kominfo RI.

Hanya saja, perlu proses untuk mendapatkan nomor terdaftarnya lantaran layanan yang ada di dalam Aplikasi Google terlalu banyak.

"Google juga sudah mendaftar. Tapi PSE masih sementara dalam proses. Karena seperti google banyak sekali layanannya maka dalam proses juga," bebernya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan