Teroris KKB Bantai Warga Sipil Nduga, Moeldoko Minta Komnas HAM Turun Pastikan Ada Tidaknya Pelanggaran HAM

  • Bagikan
Egianus Kogoya, pimpinan KKB yang beroperasi di wilayah Kabupaten Nduga, Papua. Foto: Facebook Egianus Kogoya 2018

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyelidiki kasus serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap warga sipil, di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, Papua, yang terjadi Sabtu, 16 Juli 2022, lalu.

“Kekerasan yang dilakukan KKB sudah menimbulkan korban jiwa. Dan tidak ada seorang pun yang boleh menghilangkan hak hidup orang. Untuk itu, Komnas HAM harus turun memastikan apakah ada pelanggaran HAM dalam peristiwa itu,” ujar Moeldoko, dalam siaran persnya, Rabu, 20 Juli 2022.

Moeldoko menyampaikan pemerintah mengutuk keras aksi kejam KKB yang telah menewaskan belasan warga sipil.

Panglima TNI 2013-2015 ini menyebut, aksi KKB merupakan perbuatan kejam dan tidak berperikemanusiaan.

Sebanyak 11 orang yang menjadi korban penembakan dan penganiayaan KKB di Nogolaid, Kabupaten Nduga, Papua dievakuasi ke Timika, Sabtu, 16 Juli 2022.

Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Slamet Suhartono kepada Antara di Jayapura, Sabtu menyatakan bahwa evakuasi para korban menggunakan empat armada yakni satu pesawat dan tiga helikopter milik TNI-Polri.

Armada yang dikerahkan untuk mengevakuasi para korban yaitu satu pesawat milik Rimbun Air, helikopter Caracal TNI-AU, helikopter Bell milik Penerbad dan helikopter Polri.

Evakuasi berjalan lancar dengan pengawalan ketat anggota dan saat ini semua korban sudah berada di Timika, jelas Letkol Pnb Slamet.

Sebanyak 11 orang yang menjadi korban penyerangan KKB, 10 diantaranya meninggal dunia yaitu Pdt. Elias Serbaye (54 th), Yulius Watu, (23 th), Habertus Goti (41 th), Daenk Maramli (41 ), Taufan Amir (42 th), Johan (26 th), Alex (45 th), Yuda Hurusinga, Has Jon (41), Sirajudi (27) dan seorang yang alami luka-luka yakni Sudirman.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan