Penipuan Lowongan Kerja Catut Tokopedia, Begini Tips Menghindarinya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Penipuan lowongan pekerjaan kerap terjadi. Salah satu modusnya dengan mencatut nama perusahaan terkenal.

Tokopedia salah satu yang tidak luput dicatut oleh ulah oknum tersebut. Masyarakat diminta tidak mudah terkena tipu daya dari pihak yang tidak bertanggung jawab itu.

Head of Recruitment Tokopedia, Lita Rosalia, meminta para pelamar pekerjaan betul-betul memperhatikan keabsahan setiap informasi lowongan kerja yang diterima. Lita pun memberikan beberapa tips agar terhindar dari penipuan lowongan pekerjaan khususnya yang mengatasnamakan Tokopedia.

Yang pertama, kata Lita, pastikan posisi ada pada kanal resmi. "Jika menerima tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan Tokopedia, pastikan posisi yang ditawarkan ada di kanal resmi Tokopedia, seperti website https://www.tokopedia.com/careers/, Instagram @InsideTokopedia atau LinkedIn Tokopedia (https://id.linkedin.com/company/pt--tokopedia)," paparnya.

Selanjutnya, perhatikan alamat pengirim email. “Tokopedia hanya akan mengirimkan email dari domain @tokopedia.com. Harap waspada apabila menerima email dari domain lain, seperti @tokopedia.co.id, @gmail.com dan lain-lain karena itu pasti bukan dari Tokopedia,” tegas Lita.

Tips selanjutnya, tambah Lita, para pencari kerja harus hati-hati terhadap Link Phising. Saat menerima pesan dari perekrut, baik melalui email, SMS, WhatsApp atau kanal lainnya, berhati-hati lah terhadap link penipuan atau phising.

"Jangan asal klik link yang diterima melalui pesan dari perekrut yang mengatasnamakan Tokopedia. Pastikan dahulu perekrut adalah betul dari pihak Tokopedia,” terang Lita.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan