Soroti Ambruknya Pagar Stadion JIS, Ketua Jakmania Sebut Soal Keamanan Masih Kalah Jauh dari GBK

  • Bagikan
Pagar stadion JIS ambruk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Sebuah insiden terjadi di Jakarta International Stadium (JIS) saat peresmian stadion tersebut digelar pada Minggu (24/7/2022), yaitu robohnya pagar salah satu bagian tribun penonton.

Hal ini segera mendapat komentar dari Ketua Umum The Jakmania, Dicky Sumarno.

Dicky menyoroti perbandingan keamanan di JIS. Padahal, setelah peresmian itu, akan digelar pertandingan persahabatan antara Persija Jakarta vs Chonburi FC.

Ia pun membandingkannya dengan keamanan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dicky Sumarno merasa bersyukur insiden robohnya pagar terjadi saat peresmian JIS, dan bukan saat berlangsung pertandingan liga.

Sebab, Dicky menilai apabila kejadian itu terjadi pada saat liga bergulir, Persija Jakarta pasti didenda.

"Untung pas peresmian, bukan pas liga mulai. Kalau enggak (saat peresmian) Persija pasti sudah didenda segala macem kan," kata Dicky.

Dicky membandingkan kondisi JIS dengan SUGBK yang sudah memiliki fasilitas keamanan lebih lengkap untuk keamanan suporter (penonton).

SUGBK dinilai Dicky sudah memiliki fasilitas yang cukup aman untuk pemandu supporter alias capo saat menyanyikan lagu-lagu dukungan.

"Artinya, banyak hal yang harus disiapkan, kalau di tempat lain, katakanlah di GBK sudah ada 'stagger' buat 'capo'-nya nyanyi segala macem. Kalau di sini (JIS) kan belum ada," kata Dicky.

Menurut Dicky, karakter penonton sepak bola berbeda dengan masyarakat umum, karena gairah energi menonton sepak bola bisa meningkat 100 kali lipat dari biasanya. Karena itu peristiwa lompat pagar dan sebagainya bisa saja terjadi.(wartaekonomi/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan