Perkembangan Terkini Kasus PMK di Indonesia, Dua Provinsi Baru Saja Terkonfirmasi

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID -- Konferensi pers yang diadakan di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (26/7/2022) menghadirkan narasumber Prof Wiku Adisasmoto selaku Koordinator Tim Pakar Penanganan PMK.

Terjadi penambahan kasus baru PMK dua kota yakni Bandar Lampung dan Bengkulu.

Total terdapat 22 provinsi yang terdiri dari 265 kabupaten dan kota yang kasusnya terkonfirmasi.

Hingga saat ini, masih terdapat 15 provinsi yang masih bersih dan tidak tertular PMK.

Sementara itu, Bali menjadi salah-satu daerah yang bisa menekan angka penyebaran dengan menerapkan pemotongan bersyarat.

Peternak yang melakukan pemotongan bersyarat akan mendapat bantuan mulai dari 1,5 juta hingga 10 juta tergantung jenis ternaknya.

Selain pemotongan bersyarat, pemerintah juga terus menggalakkan vaksin ke berbagai daerah. Seperti di Jawa Timur yang mengadakan vaksin 12.500 dosis perharinya dengan 800 tim yang tersebar di seluruh Jatim.

Langkah pencegahan yang juga diambil pemerintah adalah dengan dengan pembentukan Satuan Tugas (satgas). Namun, belum semua daerah di Indonesia memiliki satgas ini.

Beberapa daerah yang belum memiliki Satgas di antaranya Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan yang termasuk dalam zona kuning. Wisnu berharap agar setiap daerah segera membentuk satgas untuk menekan penyebaran kasus PMK.

Pihak penangan PMK mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi produk dari hewan ternak asal melakukan penanganan yang baik dalam mengolahnya. (Elva/Fajar).

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan