Usai Bertemu Xi Jinping di Diaoyutai, Jokowi Selanjutnya Bertolak ke Korea Selatan

  • Bagikan
Pesawat Presiden Jokowi (dok. Antara)

FAJAR.CO.ID, BEIJING -- Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tiba di Beijing pada Senin (25/7) malam. Presiden dijadwalkan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada sore ini, Selasa (26/7).

Informasi yang dihimpun Antara Beijing, Presiden Jokowi ditemui Xi di gedung tamu negara Diaoyutai di Distrik Haidian pada Selasa pukul 15.00 waktu setempat (14.00 WIB).

Selanjutnya, nanti malam atau pada pukul 20.00 waktu setempat (19.00 WIB), Presiden Jokowi bertolak dari Beijing untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Jokowi merupakan kepala negara atau kepala pemerintahan pertama di dunia yang diterima Xi di Beijing sejak Olimpiade Musim Dingin pada Februari 2021.

Jokowi juga presiden pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok setelah beberapa wilayah di daratan Tiongkok itu, terutama Beijing, dilanda gelombang terakhir pandemi Covid-19 yang diikuti dengan penguncian wilayah (lockdown) selama beberapa bulan.

“Memang ini kunjungan tingkat tinggi pertama yang kami terima setelah Olimpiade Musim Dingin. Saya ingin katakan bahwa kami telah mendapatkan pengalaman yang berharga selama Olimpiade,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, dikutip dari Antara, Selasa.

Sambil memastikan situasi keamanan Covid-19, pihaknya akan melakukan yang terbaik untuk menjamin menerima kunjungan Presiden Indonesia itu dengan benar dan lancar. “Saya yakin kunjungan ini akan berlangsung dengan lancar dan berhasil,” ujar Zhao sambil meminta awak media bersabar menunggu hasil pertemuan Jokowi-Xi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan